hmm kali ini kita akan membahas 12 Prinsip Animasi.. Menurut kalian apasih prinsip animasi itu?
Disini kami akan mencoba sedikit menjelaskannya,, prinsip animasi adalah prinsip yang digunakan oleh seorang animator untui mengetahui dan memahami bagaimana sebuah animasi dibuat sehingga menghasilkan animasi yang menarik, dinamis dan tidak membosankan.
Frank Thomas dan Ollie Johnston |
Frank Thomas dan Ollie Johnston animator walt disney adalah 2
tokoh yang merumuskan 12 prinsip animasi ini. 12 prinsip animasi ini muncul
atas dasar Seorang Animator profesional sepertinya harus mengetahui dan
memahami bagaimana sebuah animasi dibuat sedemikian rupa sehingga didapatkan
hasil animasi yang menarik, dinamis dan tidak membosankan.
Dua belas prinsip dasar animasi ini ditemukan oleh animator
Disney kawakan bernama Ollie Johnston dan Frank Thomas dan ditulis ke dalam
buku berjudul The Illusion of Life: Disney Animation di tahun
1981.Buku ini jadi maha penting karena berisi rangkuman teknik membuat animasi
di Disney Animation sejak tahun 1930. Meski harganya cukup mahal, buku ini
sangat bagus untuk pengetahuan dan teknik awal animasi.
12 Prinsip Animasi
- Squesh and Strech
- Anticipations
- Staging
- Straight ahead actions and pose to pose
- Follow-through and overlaping actions
- Slow in-slow out
- Arcs
- Secondary actions
- Timing
- Exaggeration
- Solid drawing
- Appeal
Squash and Stretch adalah upaya menambah efek lentur (plastis) pada objek atau figur sehingga seolah-olah ‘memuai’ atau ‘menyusut’ sehingga memberikan efek gerak yang lebih hidup. Penerapan squash and stretch pada figur atau benda hidup (misal : manusia, binatang, creatures) akan memberikan “enhancement” sekaligus efek dinamis terhadap gerakan/action tertentu, sementara pada benda mati (misal: meja, gelas, botol) penerapan squash and stretch akan membuat mereka (benda-benda mati tersebut) tampak atau berlaku seperti benda hidup.
Anticipation adalah persiapan sebelum aksi, yang diikuti oleh sebuah aksi kemudian penyelesaian aksi tersebut. Hal ini dapat membangkitkan ketegangan atau kelucuan pada suatu aksi tertentu atau lebih mudahnya anticipation itu sebuah gerakan yang berupa sebuah gerak persiapan sebelum pergerakan dilakukan atau istilahnya ancangancang, seperti tokoh yang bangkit dari duduk harus membungkukkan badannya terlebih dahulu sebelum benar-benar berdiri atau pada gerakan memukul, sebelum tangan maju harus ada gerakan mundur dulu atau sejenisnya. Dalam hal ini tokoh kartun dibuat agar tampak realistis bahwa sebelum bergerak sang tokoh harus bersiapsiap terlebih dahulu. Kartun-kartun klasik seperti popeye the sailor sering kali melakukan hal ini sebelum sang tokoh berlari.Gerakan antisipasi bertujuan agar penonton memahami apa yang akan terjadi berikutnya, jadi tidak langsung membuat orang tersebut misalnya tercebur ke kolam renang atau jatuh terpeleset atau meninju orang tanpa penonton tau apa penyebabnya. ini yang kadang dilupakan oleh orang-orang jadi seakan-akan penonton telah memahami jalan pikiran sang animator, sehingga film yang dilakukan tanpa adanya anticipation terdapat banyak keganjilan dan keanehan karena sang animator tidak begitu memahami akan prinsip ini.
Staging
Staging adalah gerak keseluruhan dalam sebuah adegan harus tampak jelas dan detail untuk mendukung suasana atau “mood” yang ingin dicapai dalam sebagian atau keseluruhan scene. Dalam hal ini sebuah kartun akan digambarkan menjadi sebuah shot yang mencakup angel, framing, dan scane leght.
Straight ahead actions and pose to pose
Straight ahead and pose to pose adalah gerak berdasarkan urutan dalam timing yang bersifat kesinambungan.
Straight ahead action adalah membuat animasi dengan animator menggambarkan satu persatu gambar, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri.
kelebihan : gambar yg dihasilkan lebih konsisten karena dikerjakan oleh satu orang saja
kekurangan: pengerjaan jadi lebih lama dana yang digunakan lebih banyak karena bahan dan waktu yg lama mempengaruhi pada pembekakan biaya
Straight Ahead |
Pose to Pose adalah pembuatan animasi dengan seorang animator menggambarkan hanya keyframe-keyframenya saja selanjutnya in-between atau interval antar keyframe digambarkan oleh asistennya atau oleh animator lainnya.
kelebihan : pengerjaan ini lebih cocok untuk industri karena pengerjaan lebih cepat, karena melibatkan banyak sumber daya dana yang diperlukan lebih sedikit
Contoh Pose to Pose |
Follow through and overlapping action adalah pada saat tubuh dari karakter berhenti dari suatu arah gerakan tertentu secara tiba-tiba misalnya, maka semua bagian/elemen padah tubuh karakter tersebut tidak serta-merta berhenti, tapi akan melanjutkan arah gerak semula. Misalnya bagian tangan, rambut yang panjang, belali gajah, pakaian, atau ekor yang panjang. Hal inilah yang dinamakan follow through.
Overlapping action adalah gerakan karakter yang berubah arah pada saat bagian/elemen karakter akan melanjutkan gerakan awal karakter, sehingga terjadi tabrakan gerakan.Karakter tersebut bergerak ke arah baru, yang akan diikuti oleh bagian/elemen karakter yang lain berapa frame berikutnya.
Gerakan manusia itu tidak ada yang linear atau rata. Dalam
setiap gerakan nyaris ada akselerasi atau percepatan dan perlambatan saat akan
berhenti. Prinsip slow in dan slow out ini membuat gerakan animasi lebih
natural dan realistik terutama di awal dan di bagian akhir sebuah gerakan.
Jadi apabila dilihat, jumlah frame akan lebih rapat di
bagian awal, sedikit di bagian tengah dan lebih rapat lagi di bagian akhir.
Contohnya adalah membuat gerakan animasi orang yang akan duduk atau akan
berdiri, juga berlaku pada gerakan animasi selain manusia, misalnya gerakan
benda-benda termasuk bouncing ball. Namun perlu diingat, untuk
gerakan-gerakan yang lebih karikatural/ comical dan fase cepat prinsip ini
justru dihindari.
Arcs
Archs adalah gerakan yang sifatnya alami, missal gerakan sendi tangan yang terbatas. Gerakan di sini disesuaikan dengan keadaan asli dari suatu tokoh kartun yang diadaptasi dari keadaan nyata.
Secondary action adalah gerakan-gerakan tambahan yang dimaksudkan untuk memperkuat gerakan utama supaya sebuah animasi tampak lebih realistik. Secondary action tidak dimaksudkan untuk menjadi ‘pusat perhatian’ sehingga mengaburkan atau mengalihkan perhatian dari gerakan utama. Kemunculannya lebih berfungsi memberikan emphasize untuk memperkuat gerakan utama.
Timing
Leap Timing |
Timing adalah tentang menentukan waktu kapan sebuah gerakan harus dilakukan, dengan menggerakan animasi dengan waktu yang sesuai dan tepat tetapi perhitungan waktu itu memerlukan perhitungan yang cukup matang agar pergerakan tidak terlalu terlambat dan tidak terlalu cepat.
Exaggeration adalah gerakan pengembangan dari gerakan normal dan bersifat dilebihlebihkan atau upaya untuk mendukung suatu animasi dalam bentuk rekayasa gambar, musik atau latar belakang yang bersifat hiperbolis.
Solid drawing adalah gerakan animasi dengan memandang animasi sekalipun 2D memiliki unsur tiga dimensi dalam hal ini perlu diperhatikan sekali seperti pencahayaan untuk membentuk suatu gradasi gelap terang suatu tokoh agar tidak terlihat kaku dan tampak 3D.
Appeal adalah prinsip bahwa suatu karakter memiliki nilai personality tersendiri, dan suatu karakter periang tentu akan memiliki mata dan pergerakan yang berbeda dengtokoh yang pemurung atau pemalu.
Contoh Prinsip Animasi dalam Film Spirited Away
Squesh and Strech
Contoh Prinsip Animasi dalam Film Spirited Away
Di dalam Film Spirited Away terdapat beberapa prinsip
yang termasuk ke dalam 12 prinsip animasi , bahkan semua prinsip masuk ke dalam
animasi ini.
contoh dalam film ini saat hewan itu bernafas perutnya telihat mengembang mengempis dan berasa lentur
Anticipation
contoh dalam film ini saat Chihiro hendak bangun dia mengangkat bahu kirinya terlebih dahulu.
Staging
contoh dalam film ini seorang anak bernama Haku sedang berjalan melewati sebuah tangga.
Straight ahead actions and pose to pose
contoh dalam film ini yaitu film ini dibuat oleh beberapa key animator
Follow-through and overlaping actions
contoh dalam film ini saat Chihiro berjalan,,rambutnya pun ikut bergerak
Slow in-slow out
contoh dalam film ini saat mobil hendak berhenti.. mobil itu memperlambat gerakannya.. kemudian berjalan cepat kembali
Arcs
contoh dalam film ini saat Chihiro di tarik oleh seorang nenek dia dapat bergerak sendiri dan melayang menemui sang nenek
Secondary Actions
contoh dalam film ini saat ada katak melompat, Chihiro terlihat kaget karena ada katak yang bisa melayang dan berbicara
Timing
contoh dalam film ini saat sang nenek hendak memanggil Chihiro untuk datang kepadanya
Exaggeration
contoh dalam film ini menunjukkan ekspresi Chihiro yang kaget karena melihat ayahnya berubah menjadi seekor babi. Ekspresi tersebut tergambar saat mulutnya berubah menjadi sangat lebar
Solid drawing
Appeal
contoh dalam film ini menunjukkan bebrapa ekspresi yang ada dalam film ini.. digambarkan dengan wajah takut yang ditunjukan oleh Chihira,wajah santai oleh Huka dan wajah datar para hewan penjaga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar